Jumat, 29 Maret 2019

                                           LKMM-TD FT ULM 2019 RANGKAIAN KE-2

SEMANGAT PAGI! PAGI! PAGI!!!!!!!!!!!!

Kali ini rangkaian LKMM-TD rangkaian ke-2 terdiri dari Leadership & Entrepreneur Talk show dan Focus Group Discussion. Rangkaian hari ini dibuka dari membawakan lagu Indonesia Raya dan di lanjutkan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana Talk show dan dari ketua BEM.

     Leadership & Entrepreneur Talk show ini mengusung teman “Siapkan Langkahmu Menghadapi Era Revolusi 4.0”. Sebagai moderator adalah Antung Nur Rahmiliyanti yang juga lulusan dari Universitas Lambung Mangkurat.Acara Talk show ini menghadirkan 3 pemateri.

Pemateri 1 adalah Bapak H. Suyanto dari Himpunan Pengusaha Muda Provinsi Kal-Sel.
Beliau mengenalkan era era yang pernah terjadi, sepeti era Agricultural age pada abad ke-18, era industri pada abad ke-19, era informasi pada abad ke-20, dan era Concepsual pada abad sekarang yaitu abad ke-21. Beliau juga memberitahukan mengapa kita harus berwirausaha, karena kita dapat menentukan gaji kita sendiri. Cara menjadi pengusaha sukses adalah harus diawali dengan ide dan diikuti oleh aksi, begitulah ujar beliau.

    
   Pemateri ke-2 oleh Bapak AKBP Rahmat Budi Handoko Wakapolresta Banjarmasin.
Beliau tergolong orang yang seru, terbukti dari cara beliau memberikan materi dengan cara yang asik sekali. Beliau berpesan selalu utamakan wanita. Beliau juga menjelaskan apa perbedaan seorang pimpinan dan seorang pemimpin. Seorang pimpinan biasanya bersikap otoriter sedangkan pemimpin bersikap demokrasi. Seorang pemimpin sudah pasti layak menjadi pimpinan, tetapi seorang pimpinan belum tentu seorang pemimpin yang baik.

    
    Pemateri ke-3 adalah Walikota Banjarmasin Bapak Ibnu Sina yang sayangnya tidak dapat berhadir dikarenakan ada suatu hal. Tetapi beliau menyampaikan materi dari video yang beliau kirim. Inivasi merupakan salah satu ciri generasi milenial ujar beliau. Banjarmasin juga sudah menerapkan Smatrcity yang artinya ada untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

  
    Rangkaian selanjutnya adalah Focus Group Discussion dengan tema “Terampil Berfikir Dalam Satu Gagasan”. Ada tiga focus materi yang didiskusikan. Yang pertama “Digitalisasi, Mempermudah atau Mempersulit?”. Dari hasil dikusi beberapa kelompok didapat kesimpulan setiap menyimpulkan bahwa teknologi itu mempermudah. Dan kita tidak bisa menyalahkan teknologi karena teknologi iti terus berkembang.Focus materi diskusi selanjutnya adalah “Apa yang lebih dibutuhkan Mahasiswa Teknik, Hardskill atau Softskill”. Dari diskusi beberapa kelompok didapat kesimpulan Hardskill dan Softskill sama pentingnya untuk dunia kerja. Tetapi softskill lebih penting untuk mahasiswa Teknik adalah softskill.Dan fokus materi diskusi yang terakhir adalah “Benarkah Revolusi 4.0 mengefisiensi produktivitas, tetapi menghilangkan lapangan pekerjaan?”. Dari hasil diskusi beberapa kelompok didapat kesimpulan sumber daya manusianya lah yang harus mengimbangi perkembangan teknologi. Revolusi industri tidak dapat dibendung, kita harus mengendalikan Revolusi bukan dikendalikan. Jika kita tidak mengikuti perkembangan zaman, maka kita akan mati.

"JANGANKAN MENGELUH MENGHAYALPUN SUSAH" -dededevrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar